BERITA
  • 30 Desember 2021
  • 0 Komentar
  • 127 Kali Dilihat
Bupati Pringsewu membuka Acara Germas AKbar UPT Puskesmas Fajar Mulia Kecamatan Pagelaran Utara

Pagelaran Utara- Kamis, 30 Desember 2021

GERMAS atau Gerakan Kesehatan Masyarakat merupakan gerakan nasional yang dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mempraktekkan pola hidup sehat sehari - hari selain itu juga menggerakkan institusi dan organisasi masing - masing untuk mempelopori..Saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan besar masalah kesehatan yakni triple burden, karena masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular, dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi namun muncul kembali. Dimana perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi).

Hal tersebut dikatakan oleh Bapak Bupati Pringsewu Sujadi Saddat saat membuka acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Merdeka Kecamatan Pagelaran Utara.

Dalam sambutannya bapak Bupati Pringsewu juga menyampaikan penduduk usia produktif dengan jumlah besar yang seharusnya memberikan kontribusi pada pembangunan, justru akan terancam apabila kesehatannya terganggu oleh penyakit tidak menular akibat perilaku dan pola hidup yang tidak sehat. "Fakta ini perlu ditindaklanjuti karena berpotensi menjadi beban yang luar biasa terhadap keuangan negara dan akan menurunkan derajat kesehatan serta harapan hidup masyarakat Indonesia", katanya

Acara tersebut juga dihadiri oleh para Tamu undangan antara lain Bapak Bupati Pringsewu beserrta Ibu Ketua TP.PKK Kabupaten Pringsewu, Ibu Sekda Kabupaten Pringsewu, Bapak Camat Pagelaran Utara beserta Jajarannya,Ibu Ketua TP.PKK Kecamatan Pagelaran Utara, Ibu Ketua TP.PKK Pekon se Kecamatan Pagelaran Utara,Kadis Kesehatan Kabupaten Pringsewu, Bappeda Kabupaten Pringsewu, Para Kakon Se Kecamatan Pagelaran Utara dan warga Kecamatan Pagelaran  utara yang terdiri dari 10 Pekon.

Di Lanjutkan dengan jalan sehat, Senam Bersama, makan buah bersama, minum jamu bersama dan Gerai Vaksin dan juga pembagian Dorprice mulai dari Sepeda, Kulkas, Mesin Cuci, Kipas Angin dan alat elektronik Lainnya.(Dip ^_^)